Ruang Lingkup Jaringan Komputer

                               

Aloha! Nah kali ini kita akan membahas Ruang Lingkup Jaringan Komputer,di blog sebelum nya kita sudah membahas Jaringan Komputer.Langsung saja ke pokok pembahasan. Enjoy:)


Pengertian Jaringan Komputer



Jaringan computer (computer network) adalah hubungan dua buah computer atau lebih yang bertujuan melakukan pertukaran data dengan mudah. Diantaranya, berbagi pemakaian perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Bahkan berbagai kekuatan pemrosesan data sehingga dapat mempersingkat waktu pengerjaan dan meningkatkan efisiensi kerja.
Server merupakan pelayanan atau induk dari kumpulan-kumpulan computer atau stasiun kerja (workstation). Server bertugas mengoordinasi kerja dari stasiun kerja. Mengatur kegiatan pengguna computer atau pemakai (user), dan memonitor kerja dari beberapa stasiun kerja tersebut. Server juga berfungsi mengatur pemakai computer dalam menggunakan perangkat lunak (software) ataupun perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsinya server terbagi menjadi empat macam yaitu :
a) File server berfungsi untuk menangani (file) yang dapat diakses oleh client.
b) Print server berfungsi sebagai pengontrol printer yang dapat digunakan oleh client.
c) Web server berfungsi menangani halaman-halaman web yang dapat diakses oleh browser.
d) Mail server berfungsi menangani surat elektronik.
Client adalah peranrgkat yang akan terhubung ke jaringan. Kebanyakan client tentu saja berupa computer, tetapi dapat juga berupa perangkat keras lainnya. Seperti printer dan scanner. Kadang-kadang pemakai computer disebut juga client. Ketika client meminta informasi, server akan memberikan tanggapan dengan cara memberikan salinan informasi yang diminta oleh client.
Agar proses pertukaran itu sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna, di anatara server dan client terdapat jembatan penghubung yang dinamakan protocol komunikasi. Protokol tersebut berisi sejumlah tata cara atau langkah-langkah agar kedua computer tersebut saling berkomunikasi dengan baik.
Manfaat Jaringan Komputer
Jaringan komputer sangat membantu manusia mengerjakan pekerjaannya,sehingga mempersingkat waktu dan tenaga.Berikut merupakan beberapa manfaat dari jaringan komputer.
  1. Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet.
  2. Melalui jaringan komputer, kita bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
  3. Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
  4. Selain itu, pengguna juga dapat mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
  5. Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer.
  6. Misalkan dalam suatu kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer.
  7. Efisiensi Sumber Daya,adanya sharing resources atau berbagi perangkat keras dapat menghemat biaya pengadaan perangkat keras.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer digolongkan sesuai dengan kebutuhan dan letak geografis,yaitu LAN (Local Area Network),MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network) dan International Area Network. Berikut penjelasannya.

1. LAN (Local Area Network)






LAN adalah jaringan computer yang menghubungakan computer satu dengan computer lainnya yang mencakup area dalam satu ruang, satu gedung, atau beberapa gedung yang berdekatan sehingga setiap computer dapat saling berkomunikasi.Contoh nya seperti,sekolah,kantor,warnet dll.Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Umumnya LAN menggunakan media transmisi berupa kabel, seperti UTP (Unshielded Twisted Pair) , kabel koaksial, ataupun kabel serat optic. Selain itu, ada juga jaringan yang tidak menggunakan kabel yang disebut sebagai Wireless LAN (WLAN). Kecepatan LAN berkisar 10 Megabyte per Second sampai dengan 1 Gbps.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti ppencetak. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Karakteristik LAN (Local Area Network)
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi


2.MAN (Metropolitan Area Network)



MAN pada prinsipnya sama denganl LAN. Akan tetapi, luas wilayah jaringannya lebih besar dibandingkan LAN. MAN sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antar kantor yang letaknya berdekatan dan berada di dalam kota yang sama. Jaringan ini menggunakan media transmisi berupa gelombang mikro atau gelombang radio. Namun, ada pula yang menggunakan jalur sewa (leased line).

Dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Karakteristik MAN (Metropolitan Area Network)

  1. MAN meliputi area seluas antara 5 dan 50 km
  2. MAN umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan.
  3.  MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggu untuk memungkinkan berbagi simber daya daerah
  4. MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN
  5. Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.


3.WAN (Wide Area Network)



WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.WAN memiliki jarak jangkauan sangat luas yang mencakup wilayah antarkota,antarprovinsi,antarnegara,bahkan antarbenua. Dengan menggunakan sarana WAN, sebuah bank yang ada di Jakarta dapat menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong dalam waktu yang sangat singkat. Biasanya, WAN lebih rumit, lebih kompleks, dan banyak menggunakan sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet. Meskipun demikian, antara LAN,MAN,dan WAN tidak terdapat banyak perbedaan dalam operasionalnya, hanya luas wilayahnya saja yang berbeda.

Karakteristik WAN (Wide Area Network)
  1. Menghubungkan peralatan pada tempat yang berjauhan (area luas)
  2. Menggunakan layanan dengan menyewa, seperti: RBOCs (Perusahan opeasi regional Bell – Regional Bell Operating Company’s), Sprint, MCI, and VPM Internet Services, Inc. untuk membangun koneksi antar situs
  3. Menggunakan koneksi serial dari berbagai jenis untuk mengakses pita lebar dalam lokasi yang berjauhan (luas).
  4. Bekerja pada layer fisik dan layer datalink dari OSI model
  5. Melakukan pertukaran paket data dan frames antara ruter dan switch dan LAN yang telah dibangun.
4.International Area Network

International Area Network merupakan gabungan dari LAN,MAN,WAN.Internet juga sebuah jaringan komputer

Nah itu merupakan penjelasan dari ruang lingkup jaringan komputer,mohon maaf bila ada kekeliruan.Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima Kasih! 





IP Address klik disini


Sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/LAN
            https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_wilayah_metropolitan
            https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_area_luas
            https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
            https://kitashare.wordpress.com/2013/01/21/ruang-lingkup-jaringan-komputer/
                        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Tentang Peluang Usaha

RESUME HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL ( HAKKI )

Desain Grafis