Desain Grafis

    Hai semua,kali ini saya akan membahasa desain grafis. Semoga bermanfaat!.

•PENGERTIAN DESAIN GRAFIS
     Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art.

 •UNSUR UNSUR DESAIN GRAFIS

Keenam unsur ini sangat penting dalam pembentukan komposisi estetis secara tepat.
1) Garis
Garis merupakan unsur seni rupa yang paling utama, karena dengan garis kita dapat membuat karya dwimatra atau trimatra. Berdasarkan wujudnya dan karakternya garis garis dibagi atas:
o Garis nyata yaitu garis yang sifatnya mudah diamati hasil goresan langsung. Bentuknya bermacam-macam dan mempunyai karakter tersendiri, misalnya garis vertikal berkesan agung/statis, garis horisontal berkesan seimbang.
o Garis khayal yaitu garis yang sifatnya imajinatif yang timbul karena adanya kesan batas (kontur) bidang, ruang, warna atau nada
Fungsi garis dalam karya seni rupa adalah
o Untuk memberikan representasi atau citra struktur, bentuk dan bidang. Garis ini sering disebut garis blabar (garis kontur) berfungsi sebagai batas/ tepi
o Untuk menekankan nilai ekspresi seperti nilai gerak atau dinamika, nilai irama dan nilai arah. Garis ini disebut juga garis grafis.
o Untuk memberikan kesan matra (dimensi) dan kesan barik (tekstur). Garis ini sering disebut garis arsir atau garis tekstur. Garis tekstur lebih bisa dihayati dengan jalan meraba.
2) Bidang
Unsur bidang dalam seni rupa adalah perkembangan dari penampilan garis, yaitu perpaduan garis-garis dalam kondisi tertentu.Bidang dapat diamati secara visual pada tiap benda alam dan pada hasil karya seni rupa. Dalam hal ini dibedakan antara bidang alamiah dan bidang yang dicipta (sengaja maupun tidak sengaja). Contohbidang alamiah adalah bidang lapangan atau taman, bidang sawah, bidang langit, bidang laut. Contoh bidang yang dicipta adalah bidang lukisan, bidang segitiga, bidang lingkaran.
Fungsi bidang:
o Untuk menekankan nilai ekspresi dan nilai gerak, nilai irama dan nilai arah.
o Untuk memberikan batas dan bentuk serta ruang seperti yang tampak pada bangunan dan patung.
o Untuk memberikan kesan trimatra (3 dimensi) yang ditimbulkan oleh batasan panjang, lebar dan tinggi.
3) Bentuk
Bentuk merupakan suatu bidang yang ada karena dibatasi oleh sebuah kontur atau garis dan atau dibatasi oleh warna yang berbeda atau oleh perbedaan dalam pencahayaan, gelap terang, arsiran atau disebabkan adanya tekstur tertentu.
Pada karya seni rupa, bentuk diciptakan sesuai dengan kebutuhan praktis, seperti membuat bentuk kursi untuk diduduki. Dalam hal ini bentuk yang dicipta sesuai dengan nilai kegunaannya (functional form). Bentuk dicipta sebagai ungkapan (bentuk ekspresi), seperti pada lukisan dan patung.
4) Tekstur
Tekstur ialah sifat permukaan luar dari suatu benda, misalnya, kasar, halus, licin atau kusem. Tekstur berdasarkan penampilanya dibedakan:
o Tekstur asli yaitu tekstur bawaan secara alami yang dapat kita rasakan dengan cara dilihat dan diraba, misalnya tekstur batu, kayu, tanah dan lain-lain
o Tekstur buatan yaitu tekstur hasil ciptaan manusia yang dapat menampilkan kesan tertentu kepada si pengamat. Bisa dibuat dengan cara digambar, dilebur, digores, digosok, atau dengan percikan bahan.
Tekstur berfungsi untuk memberikan watak tertentu pada bidang permukaan yang dapat menimbulkan nilai estetik. Misalnya tekstur dari urat-urat kayu ditonjolkan pada permukaan bidang patung sesuai dengan bentuk patung.
5) Gelap terang (nada)
Dalam karya seni rupa dua dimensi, nada terjadi akibat adanya perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda. Kesan nada ini dapat dicapai dengan mengolah unsur warna, misalnya dari warna terang menuju ke warna gelap dengan tingkat nada warna yang berlainan. Sedangkan benda karya tiga dimensi kesan nada dapat diperoleh dengan pengolahan unsur ruang, tekstur dan bentuk.
Fungsi gelap terang
o memberikan nilai ekspresi, misalnya untuk menampilkan kesan dramatis pada lukisan, seperti pada tema peperangan dengan ungkapan gelap terang.
o memberikan nilai emosi, misalnya cahaya yang membus jendela kaca patri yang menimbulkan suasana khidmat pada interior mesjid atau gereja.
o memberikan kesan trimatra atau plastis pada benda yang diterpa oleh cahaya seperti pada bangunan dan benda. Dalam hal ini gelap terang (cahaya) dapat memperkuat sifat benda trimatra.
6) Warna
Warna adalah elemen terpenting dalam desain grafis. Warna menjadi indikator pembeda antara satu objek dengan yang lain. Di samping itu warna memiliki dampak sugesti tersendiri diberbagai kebudayaan.
Yang dimaksud komposisi dalam seni rupa yaitu susunan unsur-unsur seni rupa yang mengikuti kaidah-kaidahnya. Kaidah-kaidah komposisi itu antara lain proporsi, keseimbangan, irama, dan kesatuan.
o Proporsi
Proporsi adalah perbandingan antara bagian yang satu dengan yang lainnya, dan antara setiap bagian dengan keseluruhan pada suatu komposisi.
o Keseimbangan (balance)
Keseimbangan dalam karya seni rupa adalah kesamaan dari unsur-unsur yang berlawanan tetapi saling memerlukan karena dapat menciptakan satu kesatuan. Ada beberapa pola dalam menentukan keseimbangan, yaitu:
§ Keseimbangan simetris yaitu menggambarkan dua bentuk, ukuran dan jarak yang sama dalam sebuah komposisi.
§ Keseimbangan asimetris yaitui menggambarkan sebuah komposisi yang bentuk. Ukuran dan jaraknya tidak sama antara satu dengan yang lainnya.
§ Keseimbangan segi tiga yaitu menggambarkan sebuah komposisi yang mempunyai/mengesankan segi tiga.
§ Keseimbangan sentral yaitu menggambarkan sebuah komposisi yang memusat di tengah-tengah (berpusat di suatu titik).
o Irama
Dalam seni rupa irama tidak bisa di dengar, tetapi hanya bisa dirasakan dan dipahami oleh perasaan orang yang memiliki kepekaan estetis. Irama dalam seni rupa adalah kesan gerak yang timbul dari keselarasan unsur-unsur seni rupa dalam sebuah komposisi. Irama dapat dibentuk dengan tiga cara yaitu:
§ Dengan perpaduan unsur-unsur seni rupa yang berhubungan/sejenis (harmoni) atau yang bertentangan/tidak sejenis (kontras).
§ Dengan pemunculan (repetisi) unsur-unsur yang sama dalam sebuah komposisi.
§ Dengan variasi bentuk, jarak, ukuran dan arah unsur-unsur seni rupa dalam sebuah komposisi.
o Kesatuan
Setiap karya seni rupa dibentuk oleh unsur-unsurnya tidak tampil secara terpisah-pisah, melainkan harus saling berhubungan dan membentuk suatu kesatuan yang utuh, bermakna dan harmonis.

•Produk Produk Desain Grafis

1.
Dokumen yang bersifat persuasif
:: iklan
:: undangan
:: permohonan undangan
:: poster
:: selebaran
:: prospektus
:: brosur
2.
Dokumen yang menunjukkan identitas
:: kartu nama
:: sertifikat dan ijazah
:: label dan tag
:: alat tulis kantor
3.
Dokumen yang memberikan informasi
:: brosur
:: rencana pengajaran
:: proposal
:: jadwal
:: daftar produk
:: program
:: lembaran kerja
:: laporan
4.
Publikasi berkala dan tidak
:: newsletter
:: majalah
:: laporan penelitian
:: jurnal
:: buletin
:: tabloid
:: koran dinding
:: pengumuman
5.
Dokumen yang menghendaki jawaban
:: Daftar isian riwayat hidup
:: formulir
:: lembar soal
:: kuesioner
:: lembar isian
6.
Dokumen yang memberikan referensi :: kalender :: direktori :: buku telepon :: daftar barang :: jadwal :: buku alamat
7.
Dokumen yang menunjukkan suatu proses :: kurikulum :: manual kerja :: manuallatihan :: prosedur latihan :: petunjuk

 Sumber:http://duniainformatikaindonesia.blogspot.co.id/2013/03/produk-produk-desain-grafis.html?m=1

•Aplikasi Aplikasi Desain Grafis

1. Adobe Photoshop Express

aplikasi desain grafis adobe photoshop express

Aplikasi desain grafis pertama datang dari Adobe. Kebanyakan orang pasti sudah tidak asing dengan aplikasi edit foto yang satu ini. Biasanya Adobe hanya dapat digunakan hanya pada perangkat komputer. Namun kali ini, Adobe meluncurkan aplikasi untuk Anda para peminat desain pada perangkat Android.
Sesuai dengan namanya Adobe Photoshop Express, memudahkan para penggunannya untuk melakukan edit foto dan melakukan desain grafis secara cepat dengan hasil yang tentu saja sangat maksimal. Fitur-fitur yang disediakan pun cukup lengkap dengan banyaknya filter dan beberapa fitur lainnya yang membantu Anda dalam membuat desain grafis yang menarik dan kreatif.
Selain itu juga, dalam aplikasi desain yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir masalah format foto atau gambar. Tidak hanya disediakan dalam format JPG dan PNG saja, namun aplikasi desain grafis ini menyediakan dalam bentuk format Raw Files: arw (SONY), cr2 (CANON), crw (CANON), dng, erf (EPSON), raf (FUJI), nrw (NIKON), orf (OLYMPUS), pef (PENTAX), srw (SAMSUNG) dan masih banyak lagi.
Tertarik? Jika Anda ingin menjajal aplikasi ini, Anda bisa mendownload dalam aplikasi PlayStore Anda atau klik di sini untuk mendownload.

2. AutoCAD 360

AutoCAD 360
Untuk Anda yang hobi dalam dunia menggambar, AutoCAD 360 adalah pilihan aplikasi desain grafis yang cocok untuk Anda. Pasalnya, aplikasi satu ini akan memudahkan para penggunanya dalam menggambar dan juga membuat desain apapun yang diinginkan.
Fitur-fitur menarik pun ditawarkan oleh aplikasi AutoCAD 360 ini, di antaranya adalah para penggunanya dapat melihat setiap koordinat yang digambar oleh penggunanya. Selain itu juga, Anda dapat menyimpan hasil karya Anda berupa PDF ataupun DWF dan masih banyak fitur lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menunjang kreatifitas Anda. Jika Anda tertarik, Anda bisa klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

3. 3DC.io : 3D Modeling

3D modeling
Untuk Anda yang hobi menggambar 3D di Android, aplikasi yang satu ini mungkin cocok untuk Anda. Pasalnya aplikasi ini adalah aplikasi desain grafis yang memudahkan para penggunanya dalam menggambar 3D di Android. Bahkan dalam aplikasi ini tersedia berbagai macam ide yang bisa Anda gunakan untuk menggambar 3D.
Cara menggunakan aplikasi yang satu ini pun dinilai cukup mudah dan tidak merepotkan. Anda hanya cukup memilih bentuk dan kemudian Anda mengeditnya dengan menggunakan beberapa fitur yang tersedia. Aplikasi ini juga cocok untuk pemula yang memiliki minat dalam dunia desain grafis lho. Tertarik? Download aplikasinya di sini.

4. Adobe Photoshop Lightroom

adobe photoshop lightroom
Kembali lagi pada aplikasi yang dinaungi oleh Adobe. Kali ini, aplikasi desain grafis yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi Adobe Photoshop Lightroom. Dalam aplikasi ini, Anda dapat mengkreasikan foto Anda dengan beberapa fitur menarik yang disediakan.
Anda dapat mengedit dan mengatur cahaya pada foto dan menjadikan foto Anda lebih menarik lagi. Anda tidak akan merasa repot dalam hal editing foto. Foto yang dihasilkan pun cukup maksimal dengan fitur dan cara pemakaian yang sederhana. Jika Anda menginginkan aplikasi ini, klik di siniuntuk mendownload.

5. Adobe Photoshop MIX

adobe photoshop mix
Masih seputar aplikasi yang berasal dari Adobe. Jika sebelumnya adalah aplikasi desain grafis dengan mengedit foto menjadi foto keren, kali ini Adobe Photoshop MIX memudahkan para penggunanya dalam hal menggabungkan foto dan tentunya juga tidak kalah keren hasilnya lho.
Anda dapat menggabungkan beberapa foto menjadi foto keren bahkan Anda dapat membuatnya menjadi efek 3D. untuk mendownload aplikasi ini, Anda hanya perlu membuka aplikasi PlayStore yang ada pada Android Anda atau lebih mudahnya Anda dapat klik di sini untuk mendownload dan menginstal. Kreasikan desain Anda!

6. Adobe Illustrator Draw

adobe photoshop illustrator draw
Masih berkutat dalam aplikasi yang disediakan oleh Adobe. Kali ini aplikasi desain grafis datang dari Adobe Illustrator Draw. Untuk Anda yang memiliki minat dalam hal menggambar dan langsung mengedit hasil karya Anda, mungkin aplikasi yang satu ini cocok untuk Anda.
Aplikasi ini juga cocok untuk pemula yang ingin menyalurkan dan mengasah hobi mereka dalam hal desain grafis. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan beberapa fitur-fitur penunjang. Salah satunya adalah fitur dimana para penggunanya dapat melakukan zoom sampai 64x lho.
Tidak hanya sampai di situ, aplikasi Adobe Illustrator Draw ini memberikan fitur berupa layer dimana para penggunanya akan lebih mudah dalam hal menggambar. Apakah aplikasi ini cocok untuk Anda? Jika cocok, Anda bisa mengklik di sini untuk download aplikasinya.

7. Infinite Design

infinite design
Untuk Anda yang bergelut dan menekuni dunia desain grafis, Anda bisa mencoba aplikasi yang satu ini, Infinite Design. Salah satu aplikasi desain grafis ini memudahkan para penggunanya dalam menggambar apapun yang diinginkan. Tidak jauh berbeda dengan Adobe Illustrator Draw, aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam fitur-fitur penunjang.
Anda akan dimudahkan dengan berbagai macam pen tool yang disediakan serta Anda dapat menggambar 3D di Android dengan menggunakan aplikasi Infinite Design ini. Penasaran? Anda bisa langsung klik di sini jika Anda tertarik untuk menjajal aplikasi desain grafis yang satu ini.

8. Adobe Photoshop Fix

adobe photoshop fix
Kembali lagi kepada aplikasi Adobe, kali ini Adobe menawarkan aplikasi desain grafis yang akan memudahkan para penggunanya dalam melakukan editing foto. Bahkan para pengguna aplikasi ini dapat melakukan editing berupa Liquify, Smooth, Defocus, dan masih banyak lagi.
Selain itu juga Anda dapat membagikan hasil karya Anda langsung ke media sosial yang Anda miliki. Nah, untuk editing, para penggunanya juga dapat mengkreasikan dan mengeluarkan kreatifitasnya dengan membuat efek seperti menggambar 3D. Menarik bukan? Download di sini untuk mendapatkan aplikasi Adobe Photoshop Fix.

9. Designapp Design Graphic

designap design grpahic
Aplikasi desain grafis selanjutnya datang dari Designapp Design Graphic. Dalam aplikasinya, Designap ini memudahkan para penggunanya dalam menuangkan kreatifitas menggambarnya hanya dengan menggunakan ponsel pintar berbasis Android.
Dalam aplikasi ini juga disediakan berbagai macam fitur penunjang seperti adanya vektor-vektor yang disediakan di setiap sisi gambar dan juga disediakannya 600 font style yang bisa digunakan untuk membuat gambar Anda lebih menarik lagi. Jika Anda tertarik, Anda bisa klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

10. Desygner – Creative Design App

Lastbut not least, kalimat yang biasa digunakan ketika memunculkan hal yang paling terkahir namun merupakan penutup yang cukup berarti. Aplikasi kesepuluh ini datang dari Desygner dimana aplikasi ini memudahkan para penggunanya dalam melakukan desain grafis.

Selain itu juga, dalam aplikasinya dilengkapi dengan fitur dimana Anda dapat membuat desain untuk keperluan marketing, website, bahkan presentasi. Tertarik untuk menggunakan aplikasi ini? Klik di sini untuk mendownload aplikasinya.
Nah itulah sepuluh aplikasi desain grafis di Android. Kesepuluh aplikasi tersebut akan memudahkan Anda baik untuk pemula atau pun bagi Anda yang ingin menggambar 3D di Android dengan mudah.
Sumber:https://www.google.co.id/amp/s/carisinyal.com/aplikasi-desain-grafis/amp/
Nah berikut merupakan beberapa informasi mengenai Desain Grafis semoga bermanfaat ya. Untuk kritik dan saran silahkan komentar dibawah ya! Terima kasih

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan Jawaban Tentang Peluang Usaha

RESUME HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL ( HAKKI )